Ini Cara Pinjam Sepeda Gowes di Monas

cara menggunakan gowes
cara menggunakan gowes

Jakarta – Jakarta – Hari ini aplikasi GOWES Bike Sharing resmi diluncurkan di Monas. Buat kamu yang mau pinjam buat keliling Monas, ketahui dulu caranya.

Persis tadi pagi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno meluncurkan aplikasi berbagai sepeda GOWES di Monas. Aplikasi yang lahir dari PT Surya Teknologi Perkasa (sejak Agustus 2017 – red) ini merupakan bagian dari kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta yang terintegrasi dengan Jakarta Smart City.

Secara teknis, traveler bisa meminjam sepeda dari sejumlah titik dan mengembalikannya di titik yang lain lewat aplikasi GOWES yang bisa diunduh dari Google Playstore (Android) dan App Store (iOS) secara cuma-cuma. Tepat siang tadi, detikTravel telah mencoba langsung aplikasi sepeda berbagi di kawasan Monas. Kurang lebih seperti ini caranya:

1. Download aplikasi

Layaknya aplikasi ponsel pada umumnya, traveler perlu mengunduh aplikasi GOWES lebih dulu. Traveler pun tidak dipungut biaya sama sekali di awal.

2. Daftar dan buat akun

Setelah mengunduh aplikasi, traveler perlu untuk mendaftar dan membuat akun dengan cara mengisi formulir data diri. Fungsinya kurang lebih sama seperti media sosial kebanyakan, di mana kamu bisa mengatur profile (foto avatar) hingga mengisi detil teknis lainnya.

3. Cari sepeda

Usai membuat akun, traveler secara otomatis akan masuk ke dalam aplikasi. Terintegrasi dengan peta digital, akan tampak lokasi Anda berdiri serta penanda terminal sepeda di peta. Diketahui, ada 100 sepeda gratis yang tersebar di 7 titik peminjaman sepeda di kawasan Monas.

4. Pindai QR Code

Setiap sepeda GOWES dirancang sedemikian rupa dan dilengkapi dengan QR Code masing-masing. Dari aplikasi, traveler bisa memilih pilihan ‘unlock’ yang disusul dengan layar pemindai setelahnya. Pindai QR Code dengan ponsel hingga gembok terbuka, dan sepeda siap digunakan.

5. Jangan lupa kembalikan sepeda

Usai puas keliling Monas dengan sepeda GOWES, tentunya traveler tidak boleh lupa untuk mengembalikan sepeda ke salah satu terminal yang ada. Tidak harus di titik yang sama seperti titik pengambilan, tapi bisa di titik terdekat dari posisi. Cukup taruh posisi di terminal dan sepeda akan terkunci lagi setelahnya.

Diketahui, keberadaan sepeda GOWES sudah lebih dulu ada di Bali dan Perumahan Bintaro. Untuk di Monas masih uji coba hinga 3 bulan mendatang. Sepeda gowes dapat disewa setiap hari dari pukul 07.00-24.00 WIB di area Monas. Mungkin bisa jadi ide wisata weekend di Jakarta bareng teman dan keluarga. (rdy/aff)

2 Replies to “Ini Cara Pinjam Sepeda Gowes di Monas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *