Kurangi Polusi, Pemprov DKI Luncurkan “Bike Sharing” Gratis

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno--Medcom.id/Muhammad Al Hasan.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno–Medcom.id/Muhammad Al Hasan.

Jakarta: Pemprov DKI Jakarta meluncurkan program “bike sharing” gratis di Monas. Program ini digagas Pemprov bekerja sama dengan PT Surya Teknologi Perkasa (Gowes Indonesia).

Peluncuran ini merupakan pertanda awal uji coba yang akan dilaksanakan selama tiga bulan ke depan.

“Kami mengajak masyarakat untuk mencoba ini. Ini adalah bagian juga Jakarta Smart City yaitu smart health ya. Jadi, hidup sehat, smart tourism, dan juga smart mobility,” kata Wakil Gubernur Sandiaga Uno saat ditemui di Pintu Barat Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Juli 2018.

Program ini bertujuan untuk menekan angka emisi udara di Jakarta, untuk meningkatkan budaya hidup sehat di ibu kota. Selain juga untuk meningkatkan pariwisata.

“Untuk hidup sehat dan mengurangi polusi udara. Banyak yang menyoroti kualitas udara di DKI Jakarta dan dengan gerakan ini. Ini gerakan nyata dari private sector dengan pola CSR mengujicobakannya” kata Sandi.

Disediakan 100 sepeda yang diparkir di tujuh titik pos sepeda di dalam Monas. Untuk keamanannya sepeda berwarna ungu dan kuning itu menggunakan sistem anti-theft lock. Sepeda juga dilengkapi panel surya untuk pengisian baterai mesin QR codenya yang bisa tahan selama 40 hari.

Untuk menggunakannya masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Gowes di AppStore untuk pengguna Iphone dan Play store untuk android. Setelah registrasi, langsung terdapat fitur untuk memindai QR code yang terdapar di masing-masing sepeda.

Selain di Monas, bike sharing juga sudah diujicobakan di Bintaro dan Bali. Ke depannya pemprov berencana akan membuka bike sharing di 15 lokasi lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *