Pemprov DKI Sediakan Layanan Sepeda Gratis di Monas

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno Mencoba Layanan Sepeda Gratis di Monas

JAKARTA – Wisatawan yang berkunjung ke Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat akan dimanjakan dengan penyediaan peminjaman sepeda gratis yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, pihaknya berharap dengan peluncuran sepeda itu dapat membuat masyarakat terbiasa dengan pola hidup sehat, yaitu beraktivitas dengan sepeda. Peluncuran itu juga untuk menyelaraskan harapan Pemprov DKI untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota.

“Banyak yang menyoroti kualitas udara di DKI Jakarta. Dengan gerakan nyata ini, dari privat sektor dan pemerintah menguji-coba. Ini adalah layanan Bike Sharing, kita ingin masyarakat hidup lebih sehat, terkoneksi dengan transportasi publik, serta perbaikan kualitas udara di Jakarta,” ujar kata Sandiaga di lokasi, Jumat (27/7/2018).

Melalui layanan sepeda berbasis aplikasi online ini, ia berharap para pengunjung Monas dapat memberitahu ke khalayak ramai, sehingga bisa lebih mendorong pengunjung yang akan mengunjungi kawasan salah satu ikon Ibu Kota tersebut.

Tak hanya itu, layanan itu juga dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan mancanegara para atlet, official, pewarta media internasional dan supporter yang menyemarakkan Asian Games XVIII.

“Mereka bisa memperoleh pengalaman unik dan berharga tentang transportasi di Jakarta,” jelasnya.

Saat ini, tersedia 100 sepeda yang dapat digunakan oleh para pengunjung Monas pada masa uji coba selama kurang lebih tiga bulan. Uji coba layanan ini diluncurkan oleh Pemprov DKI melalui Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional dan Unit Pengelola Jakarta Smart City berkolaborasi dengan GOWES selaku operator Bike Sharing.

“Peluncuran layanan ini menandakan dimulainya uji coba implementasi bike sharing di Jakarta dan hasil dari uji coba di area Monas akan menjadi evaluasi untuk implementasi di area lainnya di Jakarta,” kata Sandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *