Sandi Luncurkan Bike Sharing Jakarta, 100 Sepeda Tersedia di Monas

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjajal bike sharing di Monas. (Foto iNews-Wildan Catra Mulia).
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjajal bike sharing di Monas. (Foto iNews-Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengembangkan konsep berbagi sepeda (bike sharing) seperti kota-kota besar lain di dunia. Penggunaan sepeda untuk publik tersebut dinilai membantu mengurangi pemakaian kendaraan bermotor di pusat kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan layanan bike sharing di Monas, Jumat (27/7/2018). Sebanyak 100 unit sepeda dapat digunakan warga secara gratis.

“Di sini ada 100 tetapi kita akan tingkatkan nanti. Pak Munjirin (Kepala UPT Monas) sampaikan tadi ada 60.000 pengunjung di sini apalagi kalau sore-sore saya lihat ramai sekali. Hari besar bisa 200.000 pengunjung,” kata Sandi di Monas, Jumat (27/7/2018).

Sistem bike sharing telah diterapkan di beberapa negara dengan konsep yang berbeda. Di New York, Amerika Serikat misalnya, bike sharing menggunakan docking (dermaga sepeda). Sementara di China menerapkan sistem dockless bike sharing. Dengan sistem dockless bike sharing, sepeda akan terkunci secara otomatis dan hanya dapat dibuka melalui aplikasi mobile. Bike sharing ini diharapkan dapat mengurangi polusi udara di Ibu Kota.

“Banyak yang menyoroti kualitas udara di DKI Jakarta. Ini gerakan nyata dari privet sektor dengan pola CSR. Kita tidak akan berhenti di sini, kita akan coba di beberapa lokasi lainnya,” ujar Sandi.

Sementara layanan bike sharing baru dapat memfasilitasi pengunjung di Monas. Masyarakat dapat memanfaatkan bike sharing berbasis aplikasi untuk menjelajahi Monas secara gratis.

Direktur Utama PT Surya Teknologi Perkasa Iwan Suryaputra mengatakan, bike sharing di Monas dilengkapi global positioning service (GPS) dengan sistem keamanan. Karena itu, pengelola dan penyedia bike sharing tidak risau sepedanya akan hilang.

“Kita menggunakan Internet of Things. Jadi kita bisa memantau sepeda ini ada di mana,” kata Wawan.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan bike sharing di Monas dapat menginstal aplikasi Gowes yang berbasis IOS atau android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *