‘Mandala Giri’ Tema Sanur Village Festival 2018

‘Mandala Giri’ adalah tema Boost Sanur Village Festival (SVF) 2018. Event tahunan yang mengangkat kearifan local itu bakal digelar tanggal 22-26 Agustus 2018 bertempat di Pantai Matahari Terbit, Sanur. Lokasi SVF 2018 ini dipindah dari Lapangan Maisonette Inna Grand Bali Beach ke Pantai Matahari Terbit dengan berbagai alasan, diantaranya tentang potensi pengembangan pariwisata seiring meningkatnya kebutuhan pasar pariwisata.

Ketua Umum Boost Sanur Village Festival Ida Bagus Gede Sidharta Putra mengatakan, Boost Sanur Village Festival akan diwarnai dengan dimulainya digitalisasi layanan publik. Kerja sama dengan Boost, sebuah platform ekonomi digital milik PT Axiata Digital Service Indonesia merupakan anak perusahaan dari Axiata Digital Services Sdn Bhd, Malaysia juga ikut menandai lompatan destinasi wisata ini dalam berbenah diri meramaikan era digital.

Hal tersebut seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. “Pada momen ini, kami akan meluncurkan Gowes, aplikasi layanan penyediaan sepeda yang nyaman, mudah, dan ramah bagi pengendara. Fasilitas digital lain yang bisa diakses melalui ponsel sedang disiapkan dan akan menyusul diluncurkan,” katanya disela-sela jumpa media di Artotel Sanur, Senin (20/8).

Gusde demikian sapaan akrabnya menambahkan, sarana ini akan dilengkapi dengan berbagai jenis layanan dalam satu aplikasi SanurApps di antaranya transpor mobil listrik, direktori bisnis dan UKM, pembayaran nontunai, serta sejumlah fasilitas lain yang kini sedang dalam proses penyiapan. Khusus untuk Gowes akan diperkenalkan dalam acara seremonial pembukaan Boost Sanur Village Festival Kamis, 23 Agustus 2018. “Berbagai acara dimulai Rabu, 22 Agustus yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, namun seremonial peresmian akan dilakukan Menteri Pariwisata pada hari kedua,” paparnya.

Sepanjang pantai tepatnya, di Jalan Danau Tamblingan terdapat 12 titik yang menyediakan 110 sepeda Gowes yang bisa diakses melalui aplikasi ponsel dengan ongkos yang sangat murah. Hal itu untuk menunjang kelancaran mengakses aplikasi ini, khusus selama pelaksanaan Boost Sanur Village Festival disediakan koneksi gratis internet. “Bersepeda jelajah desa selain sehat dan ramah lingkungan juga memudahkan pengguna yang leluasa menjangkau wilayah Sanur,” ujaranya.

Sanur yang sangat padat sebagai ruang publik perlu pembenahan yang mendasar dalam layanan transportasi di antaranya dengan uji coba penggunaan tiga mobil listrik bergerak (electric shuttle car) berkapasitas 14 penumpang yang akan melayani warga maupun wisatawan di Sanur. “Kami akan menambah fasilitas ini hingga 300 unit sepeda dan mengembangkan electric shuttle car sesuai kebutuhan untuk mencapai seluruh wilayah di Sanur,” imbuhnya.

Terkait dengan tema, Ketua Badan Promosi Pariwisata daerah (BPPD) Kota Denpasar itu mengatakan, dengan tema ‘Mandala Giri’ yang merupakan sebuah semangat pemikiran untuk memusatkan perhatian kembali kepada Gunung Agung. Ketika aktivitas vulkanik Gunung Agung meningkat pada November 2017 dan berulang erupsi hingga saat ini adalah kenyataan yang memberikan refleksi dalam hal kemanusiaan, persaudaraan, dan pendekatan terhadap alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *