GOWES-Alam Sutera Operasikan Kendaraan Ramah Lingkungan

INDUSTRY.co.id – Serpong- PT Surya Teknologi Perkasa (STP), anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) bekerja sama dengan PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) untuk mengurangi kadar polusi udara di Serpong, terutama di kawasan Alam Sutera.

 Kerja sama itu dilakukan STP melalui produk platform ternamanya, GOWES, dengan mengoperasikan layanan 150 unit sepeda, 50 unit e-Scooter dan 10 unit e-bike GOWES fleet di kawasan Alam Sutera.

 Layanan kerja sama tersebut diresmikan STP bersama ASRI pada Selasa (30/07/2019) di resto Read Bean Flavor Bliss. Alam Sutera. Peresmian ini dilakukan oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan, Aplahunnajat, S. Sos. dan disaksikan oleh Iwan Suryaputra, Direktur Utama STP, dan Randy Pangemanan, Division Head Township ASRI.

 Peresmian tersebut juga ditandai oleh penggunaan seluruh unit sepeda, e-scooter dan e-bike yang dioperasikan tersebut oleh pihak manajemen ASRI, Dinas Perhubungan Kota Tangerang dan Institute for Transportation & Developemt Policy (ITDP).

 Dalam kerja sama tersebut, STP nantinya menyediakan GOWES fleet (e-bike dan e-scooter) menjadi transportasi alternatif yang ramah lingkungan agar dapat semakin memudahkan mobilitas masyarakat, seiring dengan upaya Alam Sutera dalam mempelopori green living dan berkomitmen untuk membangun kehidupan yang lebih baik bagi para penghuninya.

 Pada tahap awal, GOWES bersama Alam Sutera akan mengoperasikan GOWES fleet di lokasi Red Bean, Flavor Bliss. Ke depan, Gowes akan menghadirkan 14 titik parkir sepeda di seluruh kawasan Alam Sutera, dan akan terus bertambah sesuai kebutuhan masyarakat.

 Alam Sutera adalah kawasan ecofriendly yang telah memiliki jalur sepeda sepanjang 18,6 Km. Jalur tersebut akan digunakan oleh para pengguna layanan GOWES untuk bertransportasi di kawasan Alam Sutera.

 “Kami menyambut gembira atas dukungan dan antusiasme berbagai pihak terhadap kehadiran GOWES fleet di Alam Sutera. Sejak diluncurkan pada 2018, kami terus-menerus memperkenalkan manfaat GOWES ke lebih banyak kalangan, khususnya warga Alam Sutera, agar dapat menjadikan GOWES sebagai transportasi ramah lingkungan yang berdampak pada gaya hidup yang lebih sehat,” papar Iwan Suryaputra, Direktur Utama STP.

 Ke depan, demikian Iwan, di samping terus menambah jumlah armada dan titik parkir di Alam Sutera, GOWES juga akan mengembangkan layanan eco-friendly lainnya di kawasan Alam Sutera agar GOWES fleet dapat terus meningkatkan kualitas hidup serta memberikan kemudahan mobilitas bagi para warga Alam Sutera dan pengunjung.

Sementara itu, Division Head Township ASRI, Randy Pangemanan, mengemukakan, semua inovasi dan kegiatan yang mendukung gaya hidup sehat, seperti GOWES, akan selalu didukung oleh manajemen ASRI. Ide dasarnya berasal dari visi ASRI, yaitu selalu berkontribusi untuk meningkatkan kehidupan manusia, khususnya menyediakan ruang dan berbagai kegiatan yang terkait dengan hidup sehat.

 “Kami berkomitmen, mengembangkan Alam Sutera sebagai kawasan terbaik bagi kegiatan berlari (running) dan bersepeda (cycling). Sebelum kerja sama dengan GOWES, kami telah menyediakan jalur khusus sepeda di jalan utama Alam Sutera pada event car free day setiap hari Minggu dan pedestrian walk sepanjang 1,7 km yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar maupun pengguna GOWES untuk berolahraga bersama keluarga,” papar Randy.

 GOWES ride sharing platform adalah salah satu pengembangan dari produk utama STP, yakni Tracking Device & Digital Indonesia Map, di mana teknologi Internet of Things (IOT) ini telah diaplikasikan pada sepeda GOWES sehingga memudahkan pengguna dalam memakai sepeda.

 Dengan teknologi tersebut, para pengguna tidak harus mengembalikan sepeda yang telah selesai digunakan ke titik tertentu, melainkan cukup dengan meninggalkannya di mana saja, di dalam area operasional GOWES.

 Dengan Tracking Device & Digital Indonesia Map pada sepeda-sepeda tersebut, tim GOWES dapat melacak lokasi sepeda dan kemudian akan melakukan pengumpulan sepeda yang telah selesai digunakan oleh pelanggan.

 Saat ini, ratusan sepeda GOWES sudah beroperasi di Pulau Bali yang tersebar di Kuta, Legian, Sanur, Nusa Dua, bahkan kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. Selain itu, GOWES juga telah resmi beroperasi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, serta kawasan kampus Universitas Indonesia, dan Telkom University, Bandung.

 GOWES juga telah hadir di beberapa lokasi pemukiman di Jakarta seperti di Bintaro Jaya dan kota Semarang. Masyarakat yang ingin menggunakan sepeda GOWES dapat mengunduh aplikasi GOWES melalui Google Play Store dan App Store.

 Seementara itu, top up credit aplikasi tersebut dapat dilakukan melalui kios digital MCAS yang terletak di ribuan titik di Indonesia. Tidak hanya itu, STP juga menawarkan produk – produk digitalnya kepada pelanggan melalui aplikasi GOWES, seperti pulsa, paket internet dan berbagai produk digital lainnya. (Abraham Sihombing)text-align: justify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *